BISNIS INFORMATIKA – BISNIS PLAN CASEHP (BAGIAN 1)

 

Bisnis Plan

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Di zaman yang semakin canggih ini, tidak terlepas dari kemajuan teknologi salah satunya ialah HandPhone atau yang biasa disebut HP. HP merupakan alat komunikasi yang paling banyak digunakan baik perempuan, laki-laki,  orang tua, remaja bahkan anak-anak sekalipun sudah menggunakan HP. HP tidak hanya sebagai alat komunikasi, namun kini HP sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Oleh karena itu, banyak bermunculan jenis-jenis HP dengan berbagai fitur dan juga harga yang berberda-beda. 

Dalam menjaga alat komunikasi ini, pelindung HP atau yang biasa disebut casing merupakan bagian terpenting dari pemakaian HP, supaya HP yang digunakan lebih aman dan awet. Casing HP yang paling umum digunakan oleh masyarakat berupa casing HP berbahan silikon dengan warna transparan. Namun, casing ini jika digunakan dalam waktu lama akan terlihat menguning, sehingga membuat penggunanya kurang nyaman dan terkesan kotor.  

Di zaman yang penuh dengan persaingan yang ketat, pengusaha akan berlomba-lomba untuk memberikan inovasi terbaru untuk menarik perhatian konsumen. Semakin berkembangnya teknologi, banyak sekali masyarakat yang berhati-hati dalam memilih produk agar sesuai dengan kualitas yang diinginkan. Karena, banyak pembuatan suatu barang dengan asal, dan tidak memikirkan kualitas dari barang tersebut. Sebagian pembeli akan memilih produk dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik, selain itu ada juga pembeli yang akan memilih barang dengan merk terkenal tanpa melihat harga barang. Inilah dua pertimbangan yang menjadi prioritas mereka dalam membeli suatu barang. 

Melihat hal ini kami berusaha untuk menciptakan suatu usaha bisnis baru karena adanya peluang yang tersedia, adanya bahan – bahan yang mudah didapatkan, mudah dalam pengerjaannya serta harga yang relatif terjangkau. Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha pelindung (casing) HP, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu “CASEHP”.  

Usaha CASEHP ini dibangun untuk membuat usaha kreatif berupa casing unik yang beda dari casing biasa. Selain dari tampilan yang unik, kualitas produk,  dan harga yang lebih ekonomis tentunya produk yang kami sediakan aman untuk dipakai, sehingga casing dari CASEHP ini dapat menjaga HP pengguna agar terhindar dari goresan, dapat dibawa dengan nyaman, dan mempercantik tampilan HP.

Pelindung (casing) HP yang kami tawarkan ini tidak seperti pelindung(casing) HP pada umumnya, yang biasanya menggunakan bahan yang mudah menguning. Pelindung (casing) HP ini memilki motif dan model yang bervariasi, pembeli juga dapat memesan motif dan bentuk yang mereka inginkan. Sehingga, pembeli dapat menggunakan pelindung (casing) HP dengan motif dan bentuk yang mereka buat sendiri. Dengan demikian, usaha “CASEHP” ini diharapan dapat menarik pelanggan untuk datang, memesan dan membeli pelindung (casing) HP buatan dari kami.

Visi dan Misi

Berikut ini merupakan visi dan misi dari usaha kami, antara lain :

Visi: 

  1. Menciptakan usaha pelindung (casing) HP yang berkualitas dan berbeda dari yang lain.
  2. Memberikan harga yang ekonomis dan terjangkau bagi seluruh kalangan.
  3. Memudahkan pemesanan barang kepada konsumen.
  4. Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.
  5. Mengedepankan kepuasan konsumen.
  6. Membangun dan mengembangkan potensi diri dalam membangun usaha-usaha mandiri. 

Misi: 

  1. Berkomitmen untuk mengembangkan produk agar usaha kami sukses dan berkembang pesat.
  2. Mengembangkan produk pelindung (casing) hp sesuai dengan trend masyarakat.
  3. Mengembangkan suatu usaha yang sudah ada dengan mengembangkan dan memperbarui produk tersebut dengan lebih berkualitas dan unik.
  4. Melakukan pengiriman barang menggunakan jasa kurir atau bisa juga dengan COD.
  5. Selalu melakukan inovasi produksi kreatif untuk mencapai kepuasan konsumen dan menghasilkan produk yang diinginkan oleh konsumen.
  6. Selalu meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

Sejarah Berdirinya Usaha

“CASEHP” merupakan sebuah usaha yang didirikan berdasarkan tugas mata kuliah Bisnis Informatika yang beranggotakan:
  • Putri Astuti
  • Malidi Nuin
  • Niar Ramadhani
  • Saniah Wulansari
Tujuan kami membuat usaha ini adalah untuk membuka lapangan kerja, menambah pengalaman dan pengetahuan tentang wirausaha, membangun usaha kreatif, memanfaatkan peluang dan ketersediaannya bahan-bahan yang ada, membudayakan semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa.

Study Pasar

Di zaman yang serba teknologi ini, hampir semua orang memiliki dan menggunakan barang elektronik seperti HP (Handphone). Oleh karena itu, bisnis barang-barang elektronik dan aksesorisnya menjadi salah satu usaha yang memiliki keuntungan besar. Salah satu aksesoris barang elektronik tersebut adalah pelindung (casing) HP. Saat ini casing HP sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. 

Meskipun di pasaran sudah banyak pengusaha lain yang menjual pelindung (casing) HP, namun produk pelindung (casing) HP yang dipasarkan mudah menguning, sehingga membuat pengguna merasa tidak nyaman dan terkesan kotor. Karena alasan itu kami ingin membuat usaha pelindung (casing) HP yang bisa menerima dan membuat pesanan casing anti kuning dengan berbagai jenis atau merk handphone sehingga dapat mempermudah orang-orang yang sebelumnya menggunakan casing berbahan silikon transparan biasa menjadi menggunakan casing yang unik, berkualitas, dan aman untuk melindungi HP dari goresan dengan harga yang ekonomis.

Pelindung (casing) HP sendiri untuk saat ini banyak dijual di berbagai platform online shop dan di toko aksesoris handphone. Untuk pembeli yang menginginkan pelindung (casing) HP dengan desain sendiri atau gambar sesuai dengan keinginannya, mereka dapat memesan melalui online shop. Sedangkan untuk pembeli yang menginginkan pelindung (case) hp dengan model dan motif yang sederhana, mereka dapat membelinya di toko offline untuk aksesoris handphone. 

Oleh karena itu, “CASEHP” hadir dengan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memesan dan membeli produk kami dengan cara online di berbagai market place dan media sosial serta dengan berbagai pilihan metode pembayaran non-tunai maupun COD untuk memberikan kemudahan serta kepuasan konsumen. 

Related Posts