BISNIS INFORMATIKA – BISNIS PLAN CASEHP (BAGIAN 2)

 

Bisnis Plan

BAB II
ASPEK PEMASARAN

Gambaran Umum Pasar (STP)

Segmen Pasar 
Dilihat dari segi segmentasi perilaku dan sikap, case hp ini dapat disegmentasikan menjadi pengguna produk kelas ringan (jarang menggunakan case) dan kelas berat (sering menggunakan case). Segi demografi, produk case hp ini cocok digunakan oleh segala kalangan, yaitu anak-anak, remaja dan orang tua, baik laki-laki maupun perempuan. Segi Geografi, produk ini lebih tepat digunakan di daerah kota atau kota industri. 

Dikarenakan pada daerah pedalaman lebih banyak yang tidak menggunakan hp. Segi Psikografi, case hp ini sendiri mengikuti gaya hidup masyarakat modern maupun tradisional tergantung dari selera masyarakat. Konsumen yang memiliki hobi mengkoleksi accessories hp, terutama case hp akan memilih produk ini, karena case hp yang kami tawarkan memiliki banyak design yang dapat dicustom sesuai dengan keinginan konsumen dengan berbagai tipe hp yang ada.  

Targeting 
Target pemasaran produk case hp yaitu untuk daerah Jakarta Timur-Depok dan lebih memfokuskan pemasaran dengan spesialisasi produk. Memilih kelompok konsumen yang tepat dan sesuai, untuk dilayani sebagai sasaran dalam penilaian daya tarik untuk tiap segmen pasar. Target secara geografi dapat dilihat dari permintaan dan tingkat penjualan pasar. Sedangkan target secara demografi dapat dilihat dari semua umur, etnis, penghasilan, baik laki-laki maupun perempuan. 

Positioning 
Dari contoh produk yang tersedia, case hp ini memberikan manfaat yaitu sebagai pelindung hp. Sebuah merk case hp dari CASEHP ini akan lebih kuat dan efektif jika produk tersebut merupakan produk yang baik di bidangnya. 

Permintaan
  • Perkiraan mengenai jumlah permintaan konsumen terkait produk 
  • Proyeksikan permintaan konsumen dalam beberapa hari kedepan seperti kenaikan x% per hari sesuai dengan kenaikan jumlah konsumen.
Permintaan
Penawaran
  • Penawaran terkait produk pesaing sejenis yang ada di pasar

Penawaran
  • Proyeksi penawaran dalam beberapa hari kedepan. Proyeksi penawaran disesuaikan dengan permintaan yaitu kenaikan x% per hari sesuai pertumbuhan ekonomi.

Penawaran
Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Rencana Penjualan dari usaha “CASEHP” ini disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran dalam waktu 1 tahun. Sedangkan Pangsa Pasar merupakan bagian dari penjualan produk kita untuk dibandingan dalam total penjuala sejenis dalam satu industri. 
Rencana Penjualan

Strategi Pemasaran dan Pesaing

Analisa 7 P
Strategi Pemasaran dilakukan berdasarkan analisa 7P dengan alat analisis SWOT menurut Kottler yang terdiri atas:
1. Product
Produk yang kami jual yaitu palindung  (casing) HP, produk yang kami jual memiliki ciri khas yang berbeda dari casing lain, yaitu awet dan tidak menguning, memiliki kualitas bahan yang baik, dibuat dengan desain unik dan menarik serta dikemas dengan rapih. 
2. Price
Berdasarkan dari kualitas bahan dan pembuatan produk yang telah kami sajikan, dijual dengan harga yang relatif murah bagi semua kalangan. Harga semua jenis produk : Rp 30000 per pack.
3. Promotion 
Promosi yang kami lakukan agar produk kami dapat dikenal oleh konsumen yaitu melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, Twitter, Telegram,dll. Selain itu juga melalui Personal Selling, yaitu dapat melakukan promosi secara langsung kepada konsumen.
4. Placement
Kami akan menempatkan produk yang kami pasarkan melalui toko dan marketplace. Tujuannya agar produk ini menyebar luas dan dapat ditemui dimana saja, sehingga memudahkan konsumen dalam membeli produk kami. Tempat yang dipilih sebagai toko kami yaitu berada di Jakarta Timur.
5. People 
Orang-orang yang terlibat dalam usaha kami merupakan orang-orang yang memiiki keahlian dibidangnya masing-masing, sehingga dapat memanajemen usaha secara profesional.
6. Process
Kami sangat memperhatikan setiap proses dalam pembuatan produk ini, maupun distribusinya. Setiap proses telah memiliki nilai standar tersendiri agar dapat menciptakan produk yang berkualitas.
7. Physical Evidence
Produk yang kami buat berbeda dari produk lainnya. Karena kami menyajikan produk dengan desain custom bebas, dikemas dengan rapih, dan telah menjalani proses produksi secara detail sehingga menghasilkan produk yang bermutu.

Analisis SWOT

Berikut analisa SWOT terhadap bisnis antara lain:
Faktor internal
a . Strengths (Kekuatan)
  • Casing hp ini disajikan secara sederhana, tanpa membutuhkan banyak waktu dalam proses pembuatannya.
  • Harga dari pelindung 9casing) HP ini lebih murah, sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan konsumen.
  • Karena Pelindung (casing) HP memiliki banyak varian, sehingga pembeli dapat memilih model motif yang sesuai dengan keinginan. 
  • Alat dan perlengkapannya mudah diperoleh.
b. Weakness (Kelemahan) 
  • Faktor tempat dapat mempengaruhi kelancara usaha, karena jika tempatnya kurang ramai, maka permintaan konsumen akan sedikit.
  • Faktor kenaikan harga bahan untuk pembuatan barang akan mengurangi permintaan konsumen.
  • Produk yang akan mudah ditiru.
Faktor eksternal
a. Opportunities (Peluang / kesempatan) 
  • Melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan tempat atau aksesoris barang mereka seperti HP, sehingga Pelindung (casing) HP bisa menjadi alternatif sebagai pelindung HP mereka.
  • Sebagian besar penjual Pelindung (casing) HP yang ada hanya menawarkan pelindung (casing) HP biasa yang mudah menguning.
  • Karna Pelindung (casing) HP ini dibutuhkan oleh semua usia, dimulai dari usia muda hingga usia tua, maka sasaran pasar mencakup semua kalangan masyarakat.
b. Threats (Ancaman)
Dilihat dari banyaknya permintaan konsumen dalam menggunakan HP, maka persaingan dalam menjalankan bisnis ini pun sangat banyak. Apabila pelayanan dan kualitas yang diberikan kurang memuaskan, maka konsumen pun kecewa, dan bisnis ini akan terancam bangkrut karena minta pembeli akan semakin berkurang.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka kami dalam memberikan yang terbaik perihal pelayanan dan kualitas barang yang kami tawarkan kepada konsumen kami. Pelayanan dan kualitas yang baik akan menjadi prioritas uatama dalam menjalankan bisnis ini. 

Aspek Pemasaran

Peluang Pasar 
Peluang pasar sampai saat ini masih terbuka luas. Hal ini dikarenakan banyak orang yang membutuhkan pelindung (casing) HP tidak hanya sebagai pelindung namun sebagai aksesoris dan juga fashion bagi masyarakat, terutama casing yang lucu, unik dan bervariasi sehingga nilai casing tidak hanya sekedar senagai pelindung HP tetapi juga sebagai aksesoris bagi pengguna HP. Selain tampilan tentunya kualitas dari pelindung (casing) HP dan juga kualitas menjadi daya tarik konsumen. Oleh karena itu, kami menggunakan  bahan baku yang mudah didapat dan diperoleh dengan harga yang relative terjangkau dan dengan kualitas yang baik.

Related Posts