BAB I PENGEMBANGAN SISTEM RAPOR SEKOLAH

 

Sistem Rapor Sekolah

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring berkembangnya teknologi pada saat ini, semua aspek kehidupan mengalami peningkatan terutama dalam bidang teknologi dan informasi. Database merupakan hal yang sangat berkaitan dengan berkembangnya teknologi dan informasi. Perkembangan teknologi database di era gobalisasi ini juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak bentuk-bentuk yang sebelumnya hanya mempunyai teknologi sebagai tempat penyimpanan data yang terdiri dari field, record, dan diolah serta ditampilkan menjadi informasi dalam berbagai format tampilan yang sederhana , maka didapatkan metode untuk menampilkan database yang berguna dalam hal menganalisa suatu keperluan tertentu. Database berupa kumpulan - kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut.

Sistem pengolahan nilai rapor di beberapa sekolah dasar masih dilakukan secara manual atau masih ditulis tangan. Sehingga, masih sering terjadinya kesalahan yang dapat terjadi akibat dari Human Error serta memerlukan proses waktu yang cukup lama. Selain itu, terdapat beberapa masalah dalam proses pengolahan data seperti data nilai siswa. Jika dalam satu sekolah mempunyai jumlah siswa yang sangat banyak, tentu akan lebih banyak lagi data siswa yang disimpan. Dengan demikian dapat membuat proses pengolahan data siswa menjadi semakin sulit dan memakan waktu yang sangat lama. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan belum dibuatnya sistem basis yang baik untuk menampung dan menyimpan nilai rapor siswa. Fakta yang dibuat memberikan peluang yang besar terhadap orang yang ingin melakukan kecurangan atau ketidakadilan dalam hal-hal yang berkaitan dengan mengubah penilaian rapor siswa.

Berdasarkan hal tersebut penulis berencana membuat Pengembangan Sistem Rapor Sekolah. Sistem yang ada akan membuat data berawal dari manual menjadi terkomputerisasi sehingga data yang dihasilkan menjadi akurat dan efisien. Diharapkan dapat meminimalisir kesalahan jika dibandingkan dengan proses pencatatan data secara manual. Selain itu, arsip atau penyimpanan yang dibuat bukan lagi data hardcopy, melainkan sebuah data digital yang ada dan tidak membutuhkan ruangan untuk penyimpanan yang lebih besar. 

Penggunaan untuk sistem rapor sekolah ini sangat mudah dan membantu para penggunanya. Selain itu, dengan adanya program-program rapor sekolah ini dapat membuat pekerjaan kita akan semakin cepat, hemat waktu, dan ringan. Pengembangan Sistem Rapor Sekolah ini diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik bagi lembaga pendidikan seperti guru dan siswa, serta memudahkan wali murid untuk melihat rapor putra-putrinya tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

1.2 Identifikasi Masalah
Dari latar belakang di atas, maka dapat didefinisikan beberapa masalah yang akan dijadikan bahan penelitian selanjutnya, antara lain:
  1. Sistem pengolahan nilai rapor di beberapa sekolah dasar masih dilakukan secara manual atau masih ditulis tangan.
  2. Belum dibuat sistem data terpadu yang menampung data nilai rapor siswa.
  3. Tidak terkelolanya sistem karena masih manual, sehingga data yang diperoleh tidak dapat dijamin keamanannya.
1.3 Rumusan Masalah
  1. Bagaimana membuat Pengembangan Sistem Rapor Sekolah?
  2. Bagaimana cara mengimplementasikan Pengembangan Sistem Rapor Sekolah?
  3. Bagaimana cara membuat diagram mengenai pengembangan sistem rapor sekolah ?
1.4 Tujuan Pengembangan
Adapun tujuan dari Pengembangan Sistem Rapor Sekolah untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Basis Data Semester Genap tahun 2018 dan menjawab pertanyaan yang ada pada rumusan masalah. Serta untuk meningkatkan sistem teknologi basis data pada bidang pendidikan dengan diciptakannya Pengembangan Sistem Rapor Sekolah berbasis desktop. Tujuan lain:
  1. Proses pengolahan data siswa dapat menghemat waktu dan memberikan proses penilaian dengan cepat.
  2. Membantu para guru, wali kelas, dan staff untuk memudahkan dalam pengelolaan dan perekapan data nilai siswa.
  3. Dapat menjamin keamanan sistem saat menyimpan data-data pengolahan siswa.
  4. Dapat meminimalisir kesalahan seperti kehilangan data, pengrusakan data, dan duplikat data. 






Related Posts