PEMBUATAN APLIKASI DATA KURSUS – DATABASE MICROSOFT ACCESS 2010 (BAGIAN 1)

 

Aplikasi Data Kursus

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Di era perluasan teknologi informasi melalui komputer ini, sudah banyak yang menggunakan teknologi modern. Namun pada kenyataannya, masih banyak yang belum memanfaatkan kemajuan teknologi yang dikarenakan belum mengetahui atau memahami bagaimana cara menggunakan kemajuan teknologi tersebut. Salah satunya, tempat kursus atau bimbingan belajar yang masih banyak melakukan pengolahan data siswa kursus secara manual. Data siswa akan ditulis ke dalam form melalui tulisan tangan. Oleh karena itu, masalah muncul ketika data yang disimpan hilang, sebab dokumennya berbentuk lembaran kertas. 

Bimbingan belajar memberikan bantuan untuk siswa yang membutuhkan penjelasan dan pemahaman lebih lanjut mengenai tugas, dengan cara khusus yang diajarkan oleh guru les, dengan suasana yang baik dan kondusif. Selain itu, bimbingan belajar bertujuan untuk mengatasi siswa dalam hal kesulitan belajar, dan membimbing siswa sampai mencapai hasil yang optimal. 

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami akan memberikan tenaga dan pikirannya untuk membuat sebuah Aplikasi yang berjudul “DATA KURSUS”. Kami akan mencoba bagaimana membuat untuk menciptakan aplikasi agar memudahkan pengguna dalam pengelolaan datanya. 

Pembuatan aplikasi ini merupakan suatu cara untuk menemukan inovasi yang baru, yang akan menghasilkan segala sesuatu mengenai aplikasi yang diinginkan. Seperti mencoba melakukan langkah kerja membutuhkan penelitian yang betul-betul cermat, yang seteliti mungkin agar karya yang dihasilkan mendapatkan hasil maksimal dan terlihat menarik. 

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, perumusan masalah diangkat pada proposal ini adalah bagaimana cara agar aplikasi ini dapat digunakan oleh masyarakat dengan baik dan mudah. 

Batasan Masalah

Dalam penyusunan proposal ini, diberikan batasan masalah agar pembahasan lebih terarah dan tidak menyimpang dari tujuan pembuatan proposal. Aplikasi ini diperuntukkan bagi pengguna agar mudah dalam mengelola data dengan baik. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui bagaimana aplikasi tersebut dapat memproses data seseorang yang akan mengikuti kursus. Hal ini memungkinkan pengguna terus menggunakan sistem aplikasi dengan mudah dan efisien. 

Tujuan 

Tujuan proposal pembuatan aplikasi ini, antara lain :

  1. Memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi Data Kursus 
  2. Membantu masyarakat untuk memperluas pengetahuan 
  3. Menjelaskan bagaimana aplikasi Data Kursus ini berjalan

Manfaat Pengembangan Sistem

Dengan adanya proposal pembuatan aplikasi ini dapat memberikan beberapa manfaat pengembangan sistem, diantaranya yaitu :

  1. Lebih mudah dan efisien untuk mengoperasikan pendataan siswa kursus
  2. Meningkatkan pelayanan kepada siswa kursus
  3. Dapat memahami konsep pemodelan aplikasi data kursus

Ruang Lingkup

Aplikasi program data kursus adalah suatu aplikasi berbasis dekstop yang berfungsi sebagai sistem pendataan kursus. Dimana aplikasi tersebut mencakup tentang pengelolaan data kursus yang dimulai dari Kode kursus, Nama kursus, Biaya kursus, dan Lama kursus.

Aplikasi yang sudah kami buat, mempunyai ruang lingkup. Ruang lingkup yang dimaksud adalah tentang batasan cara kerja dan pengguna yang memiliki hak akses. Batasan tersebut, antara lain :

  • Aplikasi ini digunakan dalam lingkungan tempat kursus, terkhusus di bagian pengadaan, dimana bagian pengadaan ini berperan sebagai administrator.
  • Sebagai administrator, bagian pengadaan ini memiliki hak akses untuk pendataan siswa kursus. Yang dimaksud pendataan ini yaitu memberikan imputan ke dalam aplikasi dan melakukan pencarian data dengan mudah jika suatu saat data dibutuhkan. 
  • Kepala (pimpinan) tempat kursus mempunyai hak akses untuk melihat informasi secara keseluruhan (detail) menganai pendataan siswa kursus.


Related Posts