BAB II BASIS DATA DAN SISTEM BASIS DATA

 

Sistem Basis Data

Pengertian Sistem 

Sistem adalah suatu kesatuan yang terbentuk dari beberapa komponen, unsur, elemen yang saling berhubungan melakukan kerjasama atau saling mempengaruhi satu sama lain dengan metode atau cara tertentu, yang berfungsi untuk mempermudah proses informasi untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan sistem adalah tujuan dari sistem itu dibuat yaitu dapat berupa tujuan dan kebutuhan suatu organisasi, mengatasi permasalahan yang ada pada suatu organisasi, untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut. Suatu sistem memiliki karakteristik atau sifat terntentu, yaitu memiliki komponen-komponennya, batas sistem, lingkungan luar sistem, penghubung, masukan sistem, keluaran sistem, pengolahan sistem, sasaran sistem, dan tujuan sistem. 

Ciri-ciri sistem yang baik yaitu :

  1. Mempunyai hubungan yang saling ketergantungan
  2. Keluaran (output) yang dihasilkan sesuai dan konsisten
  3. Adanya kesatuan yang dipengaruhi oleh komponen dan sebaliknya
  4. Memiliki satu kesatuan utuh yang memiliki masukan (input) dan keluaran (output) dengan tujuan tertentu. 

Pengertian Data

Data merupakan sekumpulan atau keterangan dari beberapa hal yang terjadi dan diperoleh dengan berbagai cara atau prosedur yang ditetapkan, seperti melakukan pengamatan, penelitian, atau pencarian dari sumber-sumber tertentu. Data yang didapat menjadi sebuah pendapat atau fakta dikarenakan belum diolah lebih lanjut. Jika data yang diperoleh kemudian dapat diolah melalui penelitian atau sebuah percobaan, maka data tersebut dapat menjadi bentuk lebih kompleks sehingga dapat diterapkan ke dalam suatu sistem yang bermanfaat bagi sistem tersebut. 

Jenis-jenis data, antara lain :

1. Data menurut sumbernya, yang pertama yaitu data primer. Data primer adalah data yang diperoleh dari melakukan sebuah penelitian yang mana data tersebut belum pernah dikumpulkan. Data primer ini mengarah ke data yang proses pengumpulannya langsung di lapangan. Yang kedua yaitu data sekunder. Data sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan dari data-data yang sudah ada sebelumnya. Data sekunder ini biasanya didapat dari referensi di perpustakaan atau laporan yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya. 

2. Data menurut sifatnya, yang pertama yaitu data kualitatif. Data kualitatif adalah data yang berbentuk nama yang mengisyaratkan suatu atribut atau elemen. Data kualitatif ini dapat berupa non numerik, seperti tinggi, sedang, rendahnya suatu nilai siswa. Yang kedua yaitu data kuantitatif. Data kuantitatif adalah data yang mengarah ke jumlahnya. Data tersebut dapat berupa numerik, seperti jumlah siswa yang ada pada suatu kelas. 

3. Data menurut waktu pengumpulannya yang pertama adalah cross section, yakni data yang hanya dikumpulkan dalam waktu tertentu. Yang kedua adalah data berkala, yakni data yang dapat dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk menggambarkan mengenai perkembangan kegiatan atau peristiwa. 

Pengertian Basis Data

Basis data merupakan kalimat yang terdiri dari basis dan data. Basis dapat dikatakan sebagai gudang atau markas, dapat juga dikatakan sebagai tempat bersarang atau tempat berkumpul. Sedangkan data adalah fakta yang diperoleh dari hasil penelitian atau pencarian dengan berbagai metode tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa basis data adalah sekumpulan data atau informasi yang diperoleh dan terhubung untuk disimpan bersama pada suatu media seperti komputer, sehingga suatu waktu dapat diperiksa melalui komputer untuk memperoleh informasi tersebut. Manfaat basis data antara lain dapat menentuan kualitas informasi, mengurangi adanya duplikat pada data, memanipulasi data dengan cepat dan mudah, dapat mengurangi penggunaan ruang penyimpanan. 

Pengertian Sistem Basis Data

Sistem basis data adalah sistem atau suatu jaringan yang terdiri dari sekumpulan tabel data atau program yang berfungsi untuk menyusun dan mengelola record data, yang daapt memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memanipulasi data tersebut. Berikut merupakan komponen sistem basis data :

1. Perangkat keras, yaitu bagian dari sistem komputer yang mempunyai segala bentuk fisik dari komputer yang dapat diraba dan dilihat secara langsung. Contohnya hard disk, CPU, keyboard, dan lain-lain.

2. Sistem operasi, yaitu program pada komputer yang berfungsi sebagai pengatur semua sumber daya dan mengelola setiap program lainnya yang ada pada komputer. Seperti windows, linux, dan lain-lain.

3. Basis data, yaitu sekumpulan data yang disimpan, diakses, dan dikelola untuk digunakan oleh pengguna dalam mendapatkan informasi. 

4. Sistem pengelolaan basis data (DBMS), yaitu sebuah perangkat yang dapat menentukan data untuk diorganisasi, disimpan, diubah, dan mengambil data. 

5. Pengguna atau user, yaitu salah satu komponen database yang dapat berinterksi langsung dengan database. Seperti programmer, user umum, dan user khusus. 

6. Perangkat lainnya, aplikasi atau perangkat lain ini dapat dibuat program khusus untuk mempermudah penggunanya. Seperti aplikasi AI, pengolahan citra, visual basic, dan lain-lain. 



Related Posts