BAB IV CARA KERJA SISTEM RAPOR SEKOLAH

 

Cara Kerja Sistem Rapor

HASIL DAN PEMBAHASAN

ER-D (Entity Relationship Diagram)
ERD

Model Relasi Antar Tabel
Model Relasi Antar Tabel

Normalisasi

1. 2NF
    a. Tabel Guru
Tabel Guru

    b. Tabel Siswa
Tabel Siswa

    c. Tabel Kelas
Tabel Kelas

      d. Tabel Mata Pelajaran
Tabel Mapel

       e. Tabel Nilai
Tabel Nilai

CARA KERJA SISTEM

1. Cara mengisi form guru

Form guru adalah form input data-data guru yang meliputi input data NIP, Nama_guru, dan Kode_mapel. Jika Ingin menambahkan data guru maka pertama-tama Anda harus menekan tombol ADD dan Anda hanya perlu mengisi NIP, Nama_guru, dan Kode_mapel pada form itu. Jika form telah diisi tekan tombol SAVE maka data yang Anda masukan akan tersimpan di database rapor. Jika Anda ingin mengakhiri penggunaan form guru maka tekan tombol EXIT.

2. Cara mengisi form siswa

Form siswa adalah form input data-data siswa yang meliputi input data NISN, Nama_siswa,Jenis_kel, Agama, Alamat, dan Kode_kelas. Jika Ingin menambahkan data siswa maka pertama-tama Anda harus menekan tombol ADD dan Anda hanya perlu mengisi NISN, Nama_siswa, Jenis_kel, Agama, dan Alamat pada form itu. Jika form telah diisi tekan tombol SAVE maka data yang Anda masukan akan tersimpan di database rapor. Jika Anda ingin mengakhiri penggunaan form siswa maka tekan tombol EXIT.

3. Cara mengisi form kelas

Form kelas adalah form input data-data kelas yang meliputi input data Kode_kelas dan Nama_kelas. Jika Ingin menambahkan data kelas maka pertama-tama Anda harus menekan tombol ADD dan Anda hanya perlu mengisi Kode_kelas dan Nama_kelas pada form itu. Jika form telah diisi tekan tombol SAVE maka data yang Anda masukan akan tersimpan di database rapor. Jika Anda ingin mengakhiri penggunaan form kelas maka tekan tombol EXIT.

4. Cara mengisikan form mata pelajaran

Form Mata pelajaran adalah form input data-data Mata pelajaran yang meliputi input data Kode_mapel, Nama_mapel, Kkm, dan NIP. Jika Ingin menambahkan data mata pelajaran maka pertama-tama Anda harus menekan tombol ADD isi Kode_mapel, Nama_mapel, Kkm, dan NIP pada form itu. Jika form telah diisi tekan tombol SAVE maka data yang Anda masukan akan tersimpan di database rapor. Jika Anda ingin mengakhiri penggunaan form mata pelajaran maka tekan tombol EXIT.

5. Cara mengisikan form nilai

Form nilai adalah form input data-data nilai yang meliputi input data Id_nilai, NISN, Nama-siswa, Kode_mapel, Tugas, UTS, UAS, Skor, dan Keterangan. Jika Ingin menambahkan data nilai maka pertama-tama Anda harus menekan tombol ADD isi data  Id_nilai, NISN, Nama-siswa, Kode_mapel, Tugas, UTS, UAS, Skor, dan Keterangan. Jika form telah di isi tekan tombol SAVE maka data yang anda masukan akan tersimpan di database rapor. Jika Anda ingin mengakhiri penggunaan form nilai maka tekan tombol EXIT.

KESIMPULAN
Dari penjelasan mengenai Pengembangan Sistem Rapor Sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa ternyata penggunaan teknologi itu sangat penting dan banyak manfaatnya, maka dari itu kami dapat memberikan beberapa kesimpulan antara lain sebagai berikut :
  1. Dengan menggunakan sistem database rapor sekolah ini, pengguna atau user dapat menghemat waktu saat memasukkan data, melakukan perncarian data, dan mengedit data.
  2. Dengan menggunakan sistem database data-data yang dibuat dapat dikerjkan dengan cepat dan tertata secara rapih di dalam file.
  3. Pengembangan Sistem Rapor ini meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, terutama pada bidang pendidikan yaitu untuk guru, siswa, dan wali murid.
         
SARAN
Demikian pembahasan tulisan karya ilmiah kami dengan judul “Pengembangan Sistem Rapor Sekolah”, untuk menyempurnakan tulisan ini maka saran dan kritik yang membangun kami harapkan. Semoga materi yang kami sampaikan ini bermanfaat.




Related Posts